Drake – Biasanya Nelpon (Hotline Bling versi Bahasa Indonesia)

Bagi yang belum tahu beritanya, lagu yang aslinya dibawakan oleh Drake ini mendapatkan Grammy tahun ini! Menarik, meskipun video musik-nya sudah diunggah dari Oktober 2015.

Tentunya lagu ini sempat disetel stasiun radio terus-menerus sampai semua orang bosan. Kemudian ada lagi baru lagi yang muncul. Diputar lagi sampai bosan. Ulangi.

Efek dari stasiun radio yang benar-benar memonopoli pasar suara di mobil ketika macet adalah membuat semua orang jadi terpaksa mendengarkan lagu-lagu yang sedang booming ini. Lambat laun semua orang, ya, mengenal lagu-lagu itu.

Efek kedua adalah membuat lagu yang dirilis pada tahun 2015 ini baru sering terdengar di radio di awal tahun 2016 (caturwulan pertama lebih tepatnya). Di masa-masa ini saya sedang rutin bekerja di daerah Simatupang dan pastinya melalui macet setiap hari. Setiap hari saya disajikan lagu ini tanpa henti selama berminggu-minggu.

Oke mungkin tidak selama itu, tapi terasa lama. Kesalnya, saya sebenarnya tidak begitu suka lagu Drake yang satu ini. Enak, tapi tidak ingin saya setel dengan tujuan untuk benar-benar mendengarkan lagu itu. Paling tidak apabila tidak ada stasiun radio lain yang menyetel lagu yang menurut saya enak saya rela mendengarkan Hotline Bling.

Hasil dari cuci telinga ini adalah saya berhasil membuat versi Bahasa Indonesia dari lagu Hotline Bling. Sebenarnya tidak sulit untuk mengubah semua lagu Bahasa Inggris menjadi Bahasa Indonesia, karena meski Bahasa Indonesia kata-katanya lebih panjang (mis. go menjadi pergi, menambah satu suku kata) tapi karena struktur tata bahasa kita mudah dimodifikasi, arti kata sebenarnya tetap bisa terjaga.

Di sini saya berusaha untuk menerjemahkan intisari dari lagu ini, tetapi juga mengubahnya agar tetap sesuai dengan irama lagu. Selamat mencoba!

Agar mudah menyanyikannya, ini lagu aslinya dari akun Youtube Drake:


Biasanya Nelpon

[Intro]
Kamu yang biasanya
Kamu, Kamu, Kamu

[Reff]
Kamu yang biasanya nelpon
Tengah malam di jalan
Biasanya nelpon
Tengah malam di jalan
Ketika telpon berdering
Aku tahu itu penting
Jika telpon berdering
Aku tahu itu penting

[Verse 1]
Sejak aku pindah ke kota
Kamu tiba tiba jadi terkenal
Banyak cerita dan drama bersama
Orang-orang yang tidak aku kenal
Sejak aku pindah ke kota
Kamu sering keluar dengan teman
Goyang ke kiri dan goyang ke kanan
Berfoya-foya sampai tengah malam

[Reff]
Kamu yang biasanya nelpon
Tengah malam di jalan
Biasanya nelpon
Tengah malam di jalan
Saat telpon berdering
Aku tahu itu penting
Jika telpon berdering
Aku tahu itu penting

[Verse 2]
Sejak aku pindah ke kota lain
Kamu dapat yang kamu mau
Entah apa lagi ku tak tahu
Kamu diri aku malu
Sejak aku pindah ke kota
Ku sudah lelah ‘tuk berusaha
Buat apa aku berbicara
Bagai angin yang tidak bersuara

[Reff]
Kamu yang biasanya nelpon
Tengah malam di jalan
Biasanya nelpon
Tengah malam di jalan
Saat telpon berdering
Kutahu itu penting
Jika telpon berdering
Aku tahu itu penting

[Bridge]
Kini, aku hanya
Memikirkan kamu sedang jalan dengan siapa
Melupakan kamu foto selfie dengan dia
Mengharapkan kamu tidak lagi ke rumahnya
Kamu butuh apa, jelas bukan mereka, oh
Kenapa serasa
Kita beda dunia
Dulu kamu biasa, bisa canda, pasti ceria
Sudah lupakanlah, kini kembalilah

[Reff]
Kamu yang biasanya nelpon
Tengah malam di jalan
Biasanya nelpon
Tengah malam di jalan
Saat telpon berdering
Kutahu itu penting
Jika telpon berdering
Aku tahu itu penting

[Outro]
Sejak aku pindah ke kota


Jujur, saya menulis ini sudah lama sekali, tahun lalu lebih tepatnya. April 2015 adalah terakhir kali yang mengubah catatan di Google Keep ini. Saya sempat mengubahnya sedikit sebelum saya taruh di blog, tapi 90% tetap sama.

Saya belum buat cover lagu ini, jika itu adalah pertanyaan di benak para pembaca. Jangkauan suara Drake lebih tinggi daripada saya, sehingga saya hanya bisa menyanyikan Reff-nya saja.

Bagi ada yang mau berkolaborasi, atau berencana untuk membuat cover versi mereka, tag saya di medsos ya!

NB: Untuk beberapa bait, ada beberapa kata yang perlu dikatakan sebelum beat utama masuk. Contohnya di “Ketika telpon berdering”, beat utama berada di “ti”, sehingga “Ke” dimulai sesaat sebelum masuk beat.

 

Leave a Reply

